Rabu, 10 November 2021

SMP Negeri 3 Pangale Berkenalan dengan Portal Rumah Belajar dan PembaTIK

 SMP Negeri 3 Pangale Berkenalan dengan Portal Rumah Belajar dan PembaTIK


Sabtu, 06 November 2021 saya melakukan sosialisasi di UPTD SMP NEGERI 3 Pangale, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi barat. Pada sosialisasi ini saya memperkenalkan Portal Rumah Belajar, manfaatnya bagi guru dan peserta didik serta Fitur-Fitur yang dapat dimanfaatkan dalam portal tersebut. 

Setelah menyimak tentang pemanfaatan portal rumah belajar, Bapak Ashad Jahidi, S. Pd. selaku Kepala UPTD SMP Negeri 3 Pangale kemudian menanyakan fitur apa saja yang dapat dimanfaatkan para guru didalam proses pembelajaran tanpa penggunaan internet? Dengan melihat kondisi jaringan internet yang belum memadai.
Saya kemudian memberikan penjelasan bahwa, salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan tanpa menggunakan jaringan internet adalah sumber belajar. Tentu dengan terlebih dahulu mengunduh materi yang kita perlukan untuk proses pembelajaran dikelas. Hasil unduhan tersebut yang kemudian dapat kita perlihatkan kepada peserta didik tanpa sambungan internet. Untuk menambahkan penjelasan tersebut, kemudian saya memperagakan cara mengunduh materi yang ada di sumber belajar. Berikut ini Materi yang saya buat untuk mendukung sosialisasi saya:

Setelah memaparkan tentang Portal Rumah Belajar, saya kemudian menambahkan materi tentang bagaimana mengikuti kegiatan PembaTIK, serta apa manfaatnya mengikuti pelatihan ini. Saya memberikan penjelasan dan memperlihatkan slide cara mengaktifkan akun SimpaTIK. Kemudian Pak Saiful, S.Pd. menanyakan apakah sulit mengerjakan tugas-tugas pembaTIK tiap levelnya? saya memberikan penjelasan bahwa dimana ada kemauan maka tugas sesulit apapun akan dapat kita selesaikan.  

Kemudian saya memberi semangat kepada rekan guru yang lainnya untuk dapat mengikuti pelatihan PembaTIK tahun 2022, agar kita dapat merasakan manfaat salah satunya meningkatkan kompetensi pembelajaran berbasis TIK guru.
Diakhir kegiatan, kami mengadakan Foto bersama keluarga besar UPTD SMP Negeri 3 Pangale.



Berikut Daftar Hadir Peserta Sosialisasi:

0 komentar:

Posting Komentar