Senin, 08 November 2021

Semangatku Mengikuti PembaTIK Level 3 (Kreasi) Tahun 2021 di Sela-Sela Tangisan Bayiku

Semangatku Mengikuti PembaTIK Level 3 (Kreasi) Tahun 2021 di Sela-Sela Tangisan Bayiku

Lulus PembaTIK level 2 dan kemudian secara otomatis terdaftar ke level 3, merupakan suatu kebanggaan tersendiri, hal ini berarti tugas video pembaTIK level 2 yang saya buat telah memenuhi kriteria yang diinginkan. Namun hal ini pula yang menjadi kegalauan saya, Senin 28 Juni 2021 saya melahirkan anak ke.3 lewat persalinan SC (Secar). Saya sempat berfikir untuk mundur dari level 3 ini, mengingat bahwa saya belum pernah sekali pun membuat media pembelajaran interaktif sebagai prasyarat tugas akhir di level 3 ini. Namun, saya kemudian mencoba menyelesaikan mempelajari modul yang ada di LMS.

Daftar Modul tersebut yaitu:
  1. Media Pembelajaran Berteknologi Digital
  2. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif
  3. Inovasi Pembelajaran Memanfaatkan Multimedia Interaktif
Selanjutnya saya mencermati tugas akhir sebagai prasyarat pembatik level 3 ini. Pada tugas akhir level 3, saya diminta untuk membuat konten pembelajaran berupa Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) dengan syarat konten yang dikembangkan mengacu pada standar konten Rumah Belajar. (https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/List/TermAndCondition).

Kriteria konten MPI adalah seperti berikut ini:
  1. Mencantumkan topik/judul, sasaran dan tujuan pembelajaran.
  2. Topik yang dipilih dianjurkan adalah topik yang belum ada atau belum banyak ada di sumber belajar. Silahkan cek di https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/
  3. Mengandung unsur pembelajaran (pendahuluan, uraian materi, latihan dan atau tes)
  4. Maksimal mempunyai 3 indikator
  5. Cantumkan sumber referensi untuk penggunaan materi (minimal 3 sumber referensi), grafis, foto, quotes, backsound, dll. .
  6. Dalam format HTML 5 (tidak diperkenankan ada file .SWF)
  7. Karya harus Responsive (komputer, Handphone, dan Tablet)
  8. Kualitas layar (resolusi) = 1280 x 720 pixel
  9. Ukuran maksimal total file = 300 MB
  10. Menyertakan gambar cover sebagai display (thumbnail) yang sesuai dengan isi konten.
  11. Unggah karya MPI ke https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/
Disela-sela saya mengurus anak saya, saya memberi semangat kepada diri saya bahwa saya dapat menyelesaikan tugas akhir ini dengan baik, kemudian saya mengumpulkan aset-aset yang dibutuhkan dalam pembuatan konten MPI ini.

Syukur, saya dapat meyelesaikan tugas disela-sela kesibukan mengurus keluarga, harus bersabar saat sedang mengerjakan tugas, dan anak menangis maka saya harus mematikan laptop kemudian menidurkan anak.😊 Sungguh perjuangan yang sangat indah untuk dikenang. yang paling membahagiakan adalah masuknya nama sebagai peserta 30 besar PembaTIK level 4 Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021.

0 komentar:

Posting Komentar