Minggu, 07 November 2021

LULUS PembaTIK Level 1 (Literasi) Tahun 2020

Lulus PembaTIK Level 1 (Literasi) Tahun 2020

Berawal dari melihat postingan-postingan di facebook, saya melihat beberapa teman membagikan kabar kelulusannya mengikuti Pembatik Level 4 dan masuk 30 besar tiap provinsi untuk berbagi dan berkolaborasi disetiap daerah mereka, yang selanjutnya akan dipilih duta Rumah Belajar tiap provinsi. Saya tertarik dan mencari tahu lewat google apa sih PembaTIk itu? Apa manfaatnya? Bagaimana cara bergabung dalam pelatihannya?

Kemudian saya masuk dilaman SimpaTIK, dan memperoleh data bahwa PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, yang merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

Manfaat Mengikuti PembaTIK
  • Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Materi pelatihan :
  • Pengenalan Perangkat TIK Dasar
  • Internet untuk pembelajaran
  • Internet sehat, bijak dan aman
  • Aplikasi untuk pembelajaran
Setelah faham tentang PembaTIK dan mengetahui alurnya, saya kemudian melakukan pendaftaran akun di laman SimpaTIK, kemudian menunggu terbukanya pelatihan level 1 tahun ini. Pada akhir tahun 2020, ternyata tersedia pelatihan untuk level 1 yang dikhususkan bagi peserta yang belum lolos pembaTIK level 1 tahun 2020. Saya kemudian mendaftarkan diri dan belajar banyak didalam LMS. Daftar modul berupa materi ajar yang dipelajari pada pembaTIK Level 1








Pengenalan Perangkat TIK Dasar
Internet Sehat, Bijak, dan Aman

Internet Untuk Pembelajaran
Aplikasi Untuk PembelajaranSyukur saya panjatkan kepada Allah, bahwa saya dapat lulus pada level 1 ini, dan dapat mendaftarkan diri mengikuti level 2, namun harus menunggu tahun 2021 karena pembaTIK tahun 2020 sudah berjalan.

0 komentar:

Posting Komentar