Senin, 08 November 2021

Mendebarkan!!!! Ilmu Baru Untuk Saya di PembaTIK Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi) Tahun 2021

 Mendebarkan!!!! Ilmu Baru Untuk Saya di PembaTIK Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi) Tahun 2021

Masuk dalam 30 besar peserta PembaTIK Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021 merupakan hal luar biasa dan mendebarkan yang saya rasakan. Wow.... semua peserta hebat-hebat, sebagian besar peserta punya pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya,beda dengan saya yang baru kali ini mengikuti PembaTIK. Banyak hal yang berkecamuk dalam fikiran saya, saya harus apa? saya harus bagaimana? apa saya dapat menyelesaikan tugas? sungguh frustasi bercampur rasa ingin tahu yang tinggi.

Saya mulai merancang apa yang harus saya lakukan, jika saya hanya terpaku dengan bayangan ketidaktahuan . Maka saya akan tertinggal, dan tak mendapatkan ilmu sama sekali. Langkah yang saya tempuh pertama kali adalah mempelajari modul pada LMS. Daftar modul yang saya pelajari adalah:
  • Publikasi Karya Tulis dalam Pemanfaatan Rumah Belajar
  • Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial
  • Membangun Komunikasi dan Kolaborasi dalam Pemanfaatan Rumah Belajar
  • E-Pembelajaran Kolaboratif dengan Aplikasi Vicon
Lalu saya mencerna Tugas Akhir Level 4, saya kemudian sudah menuliskan dibuku agenda saya rancangan Vlog dan Blog yang saya buat serta dimana saya harus melakukan sosialisasi pemanfaatan portal rumah belajar. TUGAS AKHIR PEMBATIK LEVEL 4
  • Peserta wajib mengerjakan tugas akhir berupa : Vlog, Blog.
  • Sosialisasi Tatap Maya/ Tatap Muka (jika memungkinkan).
Ketentuan Tugas Akhir :
  • Vlog, Ketentuan konten/materi video log (vlog) sebagai berikut:
  1. Tema besar dari Vlog Pembatik 2021 adalah Berbagi dan Berkolaborasi bersama di Rumah Belajar. Peserta di dalam kelas mendiskusikan 4 sub tema yang akan diangkat untuk mendukung tema besaran Pembatik. Sub tema dapat mengangkat kearifan lokal.
  2. Tugas vlog bersifat individu yang berisi proyek sesuai dengan sub tema yang disepakati dan wajib ada pemanfaatan fitur Rumbel dan atau layanan Pusdatin lainnya. Konten vlog berupa praktik baik inovasi pembelajaran kolaboratif yang mengintegrasikan pemanfaatan fitur-fitur Rumah Belajar dan atau layanan Pusdatin di era kenormalan baru.
  3. Inovasi pembelajaran kolaboratif harus terlihat dalam vlog, dan melibatkan siswa
  4. Ketentuan teknis vlog sesuai dengan ketentuan teknis video yang dipelajari di level 2
  5. Share ke medsos dengan menambahkan hashtag #PusdatinKemendikbudristek #PembaTIK2021 #DutaRumahBelajar2021 #RumahBelajar2021 #BerbagiTIK
  6. Penilaian akan melihat unsur indikator teknis, desain informasi dan kolaborasi
  • Blog
  1. Dikerjakan individu (tugas perorangan)
  2. Berisi tulisan-tulisan mengenai aktivitas sosialisasi (tatap maya/tatap muka), aktivitas implementasi tugas vlog, aktivitas pemanfaatan blog untuk pembelajaran sesuai mapel yang diampu, dan hal-hal lain yang edukatif, dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar.
  3. Tulisan original, komunikatif dan interaktif
  4. Desain dan tampilan: judul unik dan menarik
  5. Platform yang digunakan bebas.
  6. Berikan gambar yang relevan dan menarik
  7. Desain Blog yang Menarik
  8. Blog juga berisi hasil tugas vlog dan kegiatan tatap maya/ tatap muka
  9. Tim penilai cukup membuka blog peserta untuk melakukan penilaian Tugas Akhir Peserta.
  • Kegiatan Tatap Maya/ Tatap Muka jika memungkinkan.
  1. Melakukan sosialisasi pemanfaatan Rumah Belajar di daerah masing-masing, bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok
  2. Sosialisasi dapat dilakukan secara tatap muka (dengan mengikuti protokol kesehatan) ataupun tatap maya (konferensi video
  3. Materi yang disajikan terkait inovasi pembelajaran/ implementasi mata pelajaran yang diampunya dengan memanfaatkan Layanan Pusdatin terutama portal Rumah Belajar.
  4. Peserta kegiatan/sasaran sosialisasi adalah guru-guru/ komunitas guru lintas sekolah dengan jumlah minimal 50 orang untuk tatap maya atau 25 orang untuk tatap muka (dapat memilih salah satu yang memungkinkan)
  5. Menyiapkan dan menggunakan bahan sosialisasi yang relevan dan komunikatif, misalnya Banner atau Flyer kegiatan yang telah disosialisasikan di medsos masing-masing..
  6. Didokumentasikan dengan baik
  7. Laporan sosialisasi dinarasikan pada Blog
Saya kemudian mengikuti Coaching untuk lebih memantapkan pengerjaan tugas. 

0 komentar:

Posting Komentar