Selasa, 02 November 2021

Coaching Hari Pertama PembaTIK 2021 Provinsi Sulawesi Barat

 Coaching Hari Pertama PembaTIK 2021 Provinsi Sulawesi Barat

PembaTIK tahun 2021 telah memasuki level akhir yaitu level 4 berbagi dan berkolaborasi, Alhamdulillah rasa syukur saya ucapkan karena dapat tergabung dalam 30 besar peserta pembaTIK Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021. 

Energi positif dapat saya rasakan saat melihat antusias para peserta pembatik dalam kegiatan coaching hari pertama, Senin 01 November 2021. Saya merasakan semangat yang menggebu-gebu saat melihat wajah ceria dari peserta pembaTIK Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021 melalui tatap maya bersama perwakilan dari Pusdatin Kemdikbudristek serta para Duta Rumah Belajar tahun 2018, 2019 dan 2020. terbesit pula kebahagiaan saat memakai rompi "Sahabat Rumah Belajar" untuk pertama kalinya.

Adapun daftar kegiatan yang kami lakukan dalam kegiatan coaching hari pertama yaitu:


Coaching hari pertama dibuka oleh bapak M. Ilham selaku moderator dalam kegiatan ini, sekaligus merupakan DRB tahun 2018. Pembukaan dilakukan dengan do'a bersama dan perkenalan program pembaTIK. Selanjutnya, dilakukan perkenalan antara tutor dengan peserta. Sambutan pertama dibawakan oleh Bapak Nasehadin perwakilan dari pusdatin, kemudian dilanjutkan oleh Bapak Hafidz Bestari yang merupakan perwakilan dari pusdatin pula. 
Pada kesempatan ini kami dapat pula mengenal pada DRB Provinsi Sulawesi Barat dari tahun 2018, 2019 dan tahun 2020. Serta dapat pula mendengarkan perjuangan para SRB hingga sampai ke level 4 ini. 

Kegiatan yang saya nantikan akhirnya dimulai, yaitu pembahasan sub tema dalam mendukung Tema Besar PembaTIK (Berbagi dan Berkolaborasi), dimana tema dapat pula mengangkat kearifan lokal yang ada di wilayah Sulawesi Barat. 30 peserta dibagi dalam 4 kelompok untuk membahas sub tema, pembagian kelompok sebagai berikut:
 

Saya tergabung dalam kelompok pertama, kemudian kami membuat group WA tersendiri dan berdiskusi dalam kelompok, hasil kesepakatan akan kami persentasikan pada hari ke-2 Coaching pada Selasa, 02 November 2021.

Sesi terakhir membahas tentang RTL (Rencana Tindak Lanjut) penyelesaian tugas yang akan dilaksanakan. Sehingga tugas hari ini adalah membuat rencana yang akan kita lakukan untuk menyelesaikan tugas level 4 pembaTIK.

Sebagai penutupan dilakukan sesi foto bersama๐Ÿ˜ƒ

1 komentar: