Rabu, 03 November 2021

Coaching Hari Ke.2 PembaTIK 2021 Provinsi Sulawesi Barat

Coaching Hari Ke-2 PembaTIK 2021 Provinsi Sulawesi Barat


Giat hari ini Selasa, 02 November 2021 dilakukan kembali proses pembimbingan yang dipandu oleh Bapak Hilman, selaku moderator sekaligus duta Rumah Belajar tahun 2019. Adapun rencana kegiatan yang kita laksanakan sebagai berikut:

Sebelum dimulai pembahasan modul, terlebih dahulu dilakukan presentasi hasil diskusi kelompok tentang sub tema yang diangkat untuk mendukung tema besar pembaTIK yaitu berbagi dan berkolaborasi bersama Rumah Belajar. Dalam diskusi kelompok saya, ada sekitar 5 (lima) kearifan lokal Sulawesi Barat yang kami bahas, antara lain:

  1. MALEO (Meningkatkan inovAsi pembelajaran berbagi dan berkolaborasi LEwat pOrtal rumah belajar)
  2. MELLUAS (MEnebar iLmu Lewat portal rUmah belAjar dengan berkolaboraSi)
  3. JEKKA BERSAMA RUMAH BELAJAR (JANGAN ENGGAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI BERSAMA RUMAH BELAJAR)
  4. MAMOSE (MAri Menginstal pOrtal rumah belajar untuk pembelajaran yang SEmakin edukatif)
  5. MALLAQBI BERSAMA RUMAH BELAJAR (Mantapkan Laju IQ dan kebijaksanaan bersama rumah belajar)

Berdasarkan kesepakatan bersama, maka kami mengusung sub tema JEKKA BERSAMA RUMAH BELAJAR (JANGAN ENGGAN KOMUNIKASI DAN KOLABORASI BERSAMA RUMAH BELAJAR). Jekka merupakan salah satu permainan tradisional yang ada di Sulawesi Barat, yang seharusnya terus diperkenalkan kepada generasi-generasi sekarang ini.  Berikut gambar permainan tersebut:

Sumber: https://www.pesonamandar.com/2017/10/jekka-jekka-ala-sulawaesi-barat.html

Setelah dilakukan presentasi makna dari kearifan lokal yang diusung dan dihubungkan dengan rumah belajar, maka selanjutnya Pak Ilham, selaku narasumber membawakan materi tentang "Strategi Berbagi Memanfaatkan Media Sosial". Pada level 4 pembaTIK ini, peserta diharuskan untuk terus berbagi dan berkolaborasi dalam memperkenalkan Portal Rumah Belajar kepada pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik serta seluruh masyarakat yang dapat memanfaatkan portal rumah belajar tersebut. Media sosial merupakan salah satu pendukung dalam melakukan proses pembelajaran. Banyak hal bermanfaat yang dapat kita bagikan lewat media sosial, untuknya setiap peserta level 4 diwajibkan memiliki media sosial minimal Facebook, WA, Instagram, Youtube dan Blog.

Selanjutnya, dalam rencana kegiatan akan dibahas tentang tugas pembaTIK level 4 tentang pembuatan Vlog, namun karena antusias para peserta yang banyak bertanya tentang tugas Blog, maka pembahasan hari ini diganti dengan membahas tentang Blog yang juga merupakan tugas akhir pembaTIK level 4 ini. Dalam pemaparan Pak Ilham selaku narasumber, Blog merupakan wadah kita untuk menuangkan inspirasi, yang kemudian dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Selain itu pak Ilham, sempat memberikan contoh dalam pembuatan blog serta menjelaskan bahwa blog dapat pula memberikan penghasilan apabila tulisan kita bermanfaat dan diminati banyak orang.

Sebagai penutup dalam kegiatan ini, dibahas pula tentang RTL (Rencana Tindak Lanjut), sebelum melakukan tindak lanjut tentu ada rencana yang kita buat sebelumnya, hal ini akan memudahkan kita untuk mengelola waktu dalam penyelesaian tugas akhir. Adapun RTL yang saya buat sebagai berikut:












0 komentar:

Posting Komentar